Archive

Archive for December, 2012

koneksi wireless error: windows is unable to connect to the selected network. the network may no longer be in range

December 26, 2012 9 comments

pagi ini dapet pasien laptop yang gagal koneksi ke wireless kantor, tidak ada windows yang meminta password wireless seperti biasa, yang ada hanya pesan error:

windows is unable to connect to the selected network. the network may no longer be in range. blablabla…

pas dicoba koneksi ke wireless kantor dengan device lain ternyata koneki sukses. Setelah beberapa kali coba restart modem wireless, reset wireless laptop, restart laptop, ternyata masalah ga juga teratasi.. 😦

setelah di cek lagi ternyata windows yang digunakan adalah XP SP2. Ternyata berdasarkan gugling, windows XP SP2 belum support untuk sistem keamanan WPA2 yang ada di modem. untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini. untuk mengatasinya bisa dengan cara mengganti sistem sekuriti yang ada pada modem menjadi WEP, yah itupun kalau punya akses ke setting keamanan modem. dan karena saya males ngotak-atik modem, akhirnya diputuskan untuk melakukan patch pada windows tersebut agar support WPA2 tadi. setelah mendownload patch yang dimaksud, install pada laptop yang bersangkutan, restart, dan coba konek lagi,  lalu tring…!! tralala… mucullah windows yang meminta password wireless, dan setelah itu koneksi sukses tanpa ada aral melitang.. cihuy..!! 🙂

nah, kalo ada yang mengalami masalah serupa, mungkin bisa dicoba cara tadi. file patch untuk windows XP tadi bisa didownload di website resminya di sini patch win XP sp 2. atau bisa coba link langsungnya pada link berikut WindowsXP-KB893357-v2-x86-ENU.exe. patch ini berekstensi “.pdf” karena masalah keamanan pada blog ini, untuk menggunakannya, rename terlebih dahulu ekstensi filenya dengan “.exe” sehingga nama filenya menjadi “WindowsXP-KB893357-v2-x86-ENU.exe” setelah itu file bisa digunakan.

Categories: Office Tags: , ,

setting printer docuprint c3055 di jaringan

December 19, 2012 1 comment

docuprint

dapet notifikasi di grup yang nanya gimana cara setting printer xerox docuprint c3055 biar langsung terkoneksi dengan hub/switch dan ga bergantung dengan salah satu komputer saja.
sebenarnya ga susah kok, kita tinggal colokin aja kabel jaringan ke port yang ada di printer. lalu setting ip addressnya dari panel printer, dengan ip address yang se-kelas (subnet sama) dengan pc lain di LAN yang akan menggunakan printer.
lalu dari pc yang mau digunakan ngeprint, tinggal diinstall aja drivernya dari cd bawaan. jangan lupa pastikan printer dan pc sudah terkoneksi ke LAN, dan printer yang bersangkutan sudah dalam keadaan menyala. nanti dipilih custom install > tcp/ip printer > lalu selanjutnya sama seperti menginstall printer lokal. lakukan instalasi driver di pc lain yang juga akan menggunakan printer ini.
this is it! printer siap dipakai..

Categories: Office Tags: , ,

Error php.exe not recognize

December 10, 2012 1 comment

Sore ini iseng pengen ngistall yii di leptop buat belajar, tapi baru mau mulai install file ‘yiic’ via command prompt, ternyata udah kebentur dengan error yang bunyinya kurang lebih gini: “php.exe is not recognize as an application, or batch program” eehhh ya kurang lebih gitu deh.
Setelah nyari2 dikit di gugel, ternyata kemungkinan penyebabnya karena php.exe belum dikenali sebagai program yang bisa dijalankan dari folder manapun. Belum ngeh? Coba aja liat di folder “c:/windows/system32/” disana ada banyak file aplikasi yang bisa dijalankan dari command prompt dari direktori manapun tanpa perlu menyebutkan lokasi foldernya terlebih dahulu.
Yah intinya kalau kita pengen file php.exe ini dikenali dan dijalankan dari folder lain (dalam hal ini folder yii) maka kita harus mendaftarkannya terlebih dahulu sebagai system environment. Caranya? Ga susah kok. Klik kanan di “my computer” > “properties”. Buka tab “advanced”. Pada “environment variable” di bagian value-nya di edit dan ditambah (inget ya ditambah, bukan di ganti semuanya) dengan “;C:/xampp/php/” (tanpa tanda petik), dengan asumsi php.exe ada di folder “c:/xampp/php/” silahkan diganti bila php.exe berada di folder lain.
Nah, sekarag coba lagi jalankan perintah instalasi yiic, berhasil..?? Cieeeee… Selamet deh.. :p

Categories: PHP, Web Tags: , , ,

Mengganti Separator Desimal dan Ribuan pada Excel 2010

December 7, 2012 Leave a comment

Tiba2 disamperin Mbos, nanyain gimana cara mengganti tanda separator untuk ribuan (menjadi titik) dan desimal (menjadi koma) pada Excel 2010.

Ga pake basa-basi, langsung menuju PC-nya si bos. oke, langkah2nya sebagai berikut:

dari menu File > Options, lalu klik tab Advanced. uncheck “use system separators”, masukkan tanda titik koma (,) pada rincian “decimal separator” dan tanda titik (.) pada rincian “thousands separator”. Klik OK.

Beres deh.. ternyata gampang banget kan?? 🙂