Home > Office > koneksi wireless error: windows is unable to connect to the selected network. the network may no longer be in range

koneksi wireless error: windows is unable to connect to the selected network. the network may no longer be in range


pagi ini dapet pasien laptop yang gagal koneksi ke wireless kantor, tidak ada windows yang meminta password wireless seperti biasa, yang ada hanya pesan error:

windows is unable to connect to the selected network. the network may no longer be in range. blablabla…

pas dicoba koneksi ke wireless kantor dengan device lain ternyata koneki sukses. Setelah beberapa kali coba restart modem wireless, reset wireless laptop, restart laptop, ternyata masalah ga juga teratasi.. 😦

setelah di cek lagi ternyata windows yang digunakan adalah XP SP2. Ternyata berdasarkan gugling, windows XP SP2 belum support untuk sistem keamanan WPA2 yang ada di modem. untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini. untuk mengatasinya bisa dengan cara mengganti sistem sekuriti yang ada pada modem menjadi WEP, yah itupun kalau punya akses ke setting keamanan modem. dan karena saya males ngotak-atik modem, akhirnya diputuskan untuk melakukan patch pada windows tersebut agar support WPA2 tadi. setelah mendownload patch yang dimaksud, install pada laptop yang bersangkutan, restart, dan coba konek lagi,  lalu tring…!! tralala… mucullah windows yang meminta password wireless, dan setelah itu koneksi sukses tanpa ada aral melitang.. cihuy..!! 🙂

nah, kalo ada yang mengalami masalah serupa, mungkin bisa dicoba cara tadi. file patch untuk windows XP tadi bisa didownload di website resminya di sini patch win XP sp 2. atau bisa coba link langsungnya pada link berikut WindowsXP-KB893357-v2-x86-ENU.exe. patch ini berekstensi “.pdf” karena masalah keamanan pada blog ini, untuk menggunakannya, rename terlebih dahulu ekstensi filenya dengan “.exe” sehingga nama filenya menjadi “WindowsXP-KB893357-v2-x86-ENU.exe” setelah itu file bisa digunakan.

Categories: Office Tags: , ,
  1. hars
    January 16, 2013 at 4:12 pm

    kamu benar benar pahlawan gan… ternyata inpo ini penting gans..

    • January 25, 2013 at 1:16 pm

      makasih juga gan udah mau mampir dimari.. 🙂

  2. fendi
    May 3, 2013 at 4:29 pm

    Mantabbb sob….restart langsung konek…..matur nuwun sanget sob….

  3. pgmeranty
    September 28, 2013 at 12:14 pm

    wah thaks ma brooooooo……..untung ada info ini tq

  4. April 2, 2014 at 2:59 pm

    Reblogged this on danijuntak and commented:
    windows is unable to connect to the selected network. the network may no longer be in range

  5. April 2, 2014 at 3:16 pm

    filenya yang udah jadi pdf gak bisa dirubah jadi exe gan..

  6. October 31, 2014 at 7:48 pm

    thanks gan

  7. John Biebe
    September 26, 2018 at 9:57 am

    2018 dan ane masih ngutak utik windows xp… 😀 makasih ya gan…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: