Home > Office > formula untuk membandingkan format waktu dalam excel (compare time in excel)

formula untuk membandingkan format waktu dalam excel (compare time in excel)


excel formula

kali ini saya akan coba membahas sedikit mengenai fungsi pada excel, khususnya untuk membandingkan format waktu (date/time). saya tertarik menulis masalah ini karena saat ini saya sedang mengerjakan rekap absen, dan iseng-iseng saya ingin mencoba membuat formula untuk mengecek keterlambatan setiap pegawai dengan data dari mesin absen dengan menggunakan fingerprint.

awalnya saya harus memeriksa apakah status pointnya adalah kedatangan (check in) atau kepulangan (check out), lalu baru membandingkan dengan batas waktu kedatangan atau kepulangan, dan menentukan flag untuk terlambat atau pulang cepat.

baiklah, untuk mengecek kondisi status point bisa dilihat dari salah satu kolom yang tersedia apakah terisi “Check In” yang berarti kedatangan, atau berisi “Check Out” yang berarti kepulangan. rasanya formula untuk permasalahan ini cukup sederhana yaitu dengan menggunakan fungsi IF yang bentuk dasarnya adalah IF(KONDISI; VALUE/FUNGSI BILA BENAR; VALUE/FUNGSI BILA SALAH). contoh penggunaannya adalah sebagai berikut:

=IF(F15=”Check In”;”fungsi kedatangan”; “selain fungsi kedatangan”)

nah sekarang kita beralih ke permasalahan utama, yaitu membandingkan waktu. pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mengkonversi teks dari cell tertentu menjadi format waktu (time), cell ini memiliki teks misalnya “07:20” tanpa tanda petik. teks ini (misalnya pada cell D5) bisa kita konversikan menjadi format waktu dengan fungsi TIME(JAM; MENIT; DETIK). fungsi ini dikombinasikan dengan fungsi LEFT(CELL; JUMLAH DIGIT) dan RIGHT(CELL; JUMLAH DIGIT) untuk mendapatkan angka jam dan menit dari suatu cell tertentu. gabungan dari fungsi ini kita gunakan sebagai berikut:

=TIME(LEFT(D15;2);RIGHT(D15;2);0) -> yang misalnya kita simpan di cell E15

yang pada contoh ini 07:20 akan dikonversi menjadi 07:20 AM dengan format waktu. bila konversi telah selesai kita lakukan maka kita bisa langsung membandingkan dengan waktu yang kita inginkan misalnya jam 07:30, dengan formula kondisi WAKTU1 > WAKTU2. cara menuliskannya adalah sebagai berikut:

=IF(E15>TIME(7;30;0);”status terlambat”;”status tidak terlambat”)

atau untuk memeriksa apakah pegawai tersebut pulang cepat (kurang dari jam 16:00), maka formulanya kita modifikasi menjadi:

=IF(E15<TIME(16;0;0);”status pulang cepat”;”status tidak pulang cepat”)

lalu bagaimana lagi? sebenarnya semua fungsi utamanya sudah kita buat,danΒ  bila memang ingin terlihat lebih simpel dengan tidak membuat begitu banyak kolom tambahan, maka fungsinya bisa kita gabungkan agar menjadi seperti ini:

=IF(F21=”Check In”;(IF((TIME(LEFT(D21;2);RIGHT(D21;2);0))>TIME(7;30;0);”status terlambat”;”status tidak terlambat”)); (IF((TIME(LEFT(D21;2);RIGHT(D21;2);0))<TIME(16;0;0);”status pulang cepat”;”status tidak pulang cepat”)))

bila dengan menggunakan formula diatas masih terdapat error, mungkin karena pengaturan separator untuk formula pada excel berbeda dengan yang saya gunakan, coba ganti karakter titik koma “;” menjadi koma “,”. selamat mencoba…..

  1. March 24, 2014 at 7:44 am

    Selamat pagi, saya sedang mengerjakan rekap absensi, sama seperti anda, tapi permasalahannya saya ingin mendapatkan status kurang disipliin apabila datang lewat dari jam 8, tidak disiplin apabila waktu kerja kurang dari 9Jam dan disiplin apabila waktu kerja >= 9 jam… nah saya mencoba menggikuti dari blog anda ini tetapi terdapat masalah pada format waktu cek in krn formatnya ” 03/11/2014 14:17:00″ saya coba select semua ganti format ttp saja seperti itu….. tapi kalo saya ganti dengan text “17:00” itu baru bisa… mohon solusinya.. atau kalo ada email saya ingin mengirim file excel saya.. thanks

    • March 24, 2014 at 2:06 pm

      kalau saya lihat di formatnya ini ” 03/11/2014 14:17:00″, apa benar selalu ada spasi ” ” di depan tanggal ini? (spasi di depaan angka “03”)
      bila memang ada, mungkin bisa di trim dulu. caranya bisa dilihat di artikel saya yang lain (https://quin2.wordpress.com/2013/02/13/menghilangkan-spasi-trim-whitespace-pada-cell-excel/) nanti setelah spasi sebelah kiri itu bersih semua menjadi “03/11/2014 14:17:00″, barulah bisa dimasukkan ke dalam fungsi date, namun tentunya dengan sedikit modifikasi. misalnya seperti ini, untuk membandingkan waktu real kedatangan dengan batas waktu katakanlah jam 08:00:00, asumsi waktu kehadiran disimpan di cell D9:

      =IF(TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))<TIME(8,0,0),"disiplin","kurang disiplin")

      untuk kondisi lebih dari satu, misalnya bila datang sebelum jam 8 dan waktu kerja lebih dari 9 jam maka status "disiplin", maka kodenya kurang lebih seperti ini:
      *formula untuk kondisi lebih dari 1 bisa menggunakan AND ataupun OR di dalam fungsi IF tergantung kebutuhan, pada contoh ini lebihcocok menggunakan AND
      *waktu kedatangan disimpan pada cell D9
      *waktu pulang disimpan pada cell D10
      *selisih jam pulang dengan kedatangan disimpan pada cell D11 dengan formula:
      =TEXT(D10-D9,"h")

      formula status disiplin:
      =IF(AND(TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))=8),”disiplin”,”tidak disiplin”)

      arti formula di atas:
      bila (waktu(D9)=8) maka status=”disiplin”, selain itu maka status=”tidak disiplin”
      di mana D11 = D10-D9

      semoga bisa membantu πŸ™‚

  2. March 25, 2014 at 3:01 pm

    mau nanya nih mas, jika kondisi ke-2 nya adalah pengurangan sel dari sel IF ke sel tertentu gmn formulanya? jadi begini kondisinya…..kalo seorang pegawai masuk setelah jam 7.30 maka akan di hitung selisih antara jam masuk dan waktu masuk (7.30) tetapi kalo sebaliknya jam masuk kurang dari jam 7.30 maka akan di anggap 0. dan nanti akhir bulan akan di jumlahkan selisih antara jam masuk dan waktu masuknya.

    terima kasih

    • March 25, 2014 at 4:34 pm

      coba saya jawab,
      kalo saya ga salah tangkep ini maksudnya bila jam masuk (D9) kurang dari 7.30 pagi maka waktu keterlambatan (D10) akan diisi 0,
      namun bila jam masuk (D9) lewat dari 7.30 pagi, maka waktu keterlambatan (D10) akan diisi dengan selisih jam datang (D9) dikurangi jam masuk (7.30 pagi)
      begitu?

      ok, singkatnya kira2 formulanya seperti ini:

      =IF(TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))<TIME(7,30,0),0,TEXT(TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))-TIME(7,30,0),"h:m:s"))

      formula diatas akan saya bagi dulu supaya jadi lebih mudah dipahami:
      TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))<TIME(7,30,0)
      — saya simbolkan jadi X

      TEXT(TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))-TIME(7,30,0),"h:m:s")
      — saya simbolkan jadi Z
      kurang lebih jadi seperti ini:

      =IF(X,0,Z)
      — kalau kondisi X terpenuhi maka nilai cell tersebut adalah 0, bila kondisi X tidak terpenuhi maka nilai cell tersebut adalah Z

      lalu kita breakdown lagi penjelasannya, kondisi X adalah:
      TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))<TIME(7,30,0)
      — membandingkan waktu (jam menit detik dari cell D9 apakah lebih kecil dari jam menit detik 07:30:00)

      pada statement Z artinya adalah:
      TIME(HOUR(D9),MINUTE(D9),SECOND(D9))-TIME(7,30,0)
      — saya simbolkan dengan A, merupakan pengurangan cell D9 dengan format waktu 7:30:00, jadi:
      TEXT(A,"h:m:s")
      — adalah hasil pengurawan waktu pada cell D9 dengan jam 7:30:00, dan ditulis dengan format “h:m:s” yaitu “jam:menit:detik”

      nanti cell D10 ini (yang berisi selisih waktu keterlambatan), tinggal dijumlah sesuai kebutuhan

      semoga saya ga salah tangkep permasalahannya dan semoga penjelasannya bisa gampang dimengerti… πŸ˜€

      • March 27, 2014 at 9:08 am

        iya mas kondisi permasalahanya memang seperti itu…akan menghitung jumlah keterlambatan kehadiran pegawai dalam menit dari waktu masuknya.

        kemarin sehabis baca2 postingan mas saya coba2 buat formula seperti ini :
        A1 =>> waktu acuan (7:30)
        A2 =>> waktu masuk
        A3 =>> =IF(A2<=TIME(7,30,0),0,A2-A1)

        jadi setelah saya coba memasukan nilai di sel A2, misal 8:00 maka di sel A3 akan terisi nilai 0:30 demikian juga ketika saya masukan nilai2 lain maka nilai di A3 akan sesuai.

        terima kasih

  3. September 30, 2014 at 10:15 am

    maaf gan saya mau nanya…
    kalo format date ato time jadi bentuk angka (41899) dan time jadi bentuk 0.899899999
    merubah ke bntuk normalnya gimna..
    saya coba ubah date sama time tapi masih ttp?

    • September 30, 2014 at 10:36 am

      Hmm.. Saya masih belum paham kondisi sebenarnya, bagaimana angka ini muncul, apakah dari formula, ataukah dari mengetikkan tanggal kemudian langsung berubah sendiri, atau mungkin hasil copy/extract dari format lain?

      tapi mungkin salah satu kemungkinan ini bisa dicoba:
      -Apakah sudah mencoba mengubah format cell dengan cara klik kanan pada cell ybs kemudian pilih menu “format cell”?
      -Bila angka tersebut memiliki tanda aposthrope ‘ di depannya, maka pastikan tanda itu terhapus (convert to numbers)

      Semoga membantu πŸ™‚

  4. lilik
    September 15, 2015 at 8:41 pm

    malam pak..mau tanya gimna caranya bila membuat daftar hadir bertambah saat tanggal di ubah untuk daftar hadir..maksih

    • September 16, 2015 at 7:47 am

      maaf bu lilik, saya kurang paham dengan kondisi yang dibutuhkan
      maksudnya tanggal diubah itu apakah diubah manual dari cell-nya atau bagaimana?
      kalau contoh yang saya yang di artikel atas itu daftarnya sudah tersedia sebelumnya, dan tinggal membandingkan jam absen pada saat masuk/pulang dengan aturan jam kerja.
      kalau untuk menambah otomatis setiap pergantian tanggal mungkin sebaiknya menggunakan macro/vba di excel atau yang lebih sederhana di access πŸ™‚

  5. Jacka
    October 1, 2015 at 6:46 am

    Mas. Mohon bantuannya.. sy natik data absensi dari mesin fingerprint..
    Trus sy ilah di excel..
    Nah,
    Kalau dalam 1 hari ada pegawai yg lupa absen datang/pulang, gimana cara bikin rumusnya agar jam hadir dan jam pulangnya itu sama? Maksud sy jgn sampai ada data yg kosong..
    Kalau dia lupa absen dtg, maka jam dtgnya disamakan dgn jam pulang. Begitu juga sebaliknya. Gmn caranya ya mas?

    • October 1, 2015 at 1:09 pm

      sepertinya harus menggunakan kolom tambahan untuk menampung formula yang mengecek apakah nilai kolom kedatangan ada isinya atau tidak.
      misalnya di cell A3 diisi waktu kedatangan dan A4 diisi waktu pulang,
      kemudian di cell A5 kita isi dengan formula untuk mengecek kedatangan seperti berikut:

      =IF(A3=””;B3;A3)

      dan di cell A6 diisi dengan formula untuk mengecek waktu pulang seperti berikut:

      =IF(B3=””;A3;B3)

      nah, untuk proses selanjutnya seperti mendapatkan selisih waktu pulang dan datang atau yang lain bisa merujuk ke cell (atau kolom bila sudah diterapkan ke seluruh baris dalam kolom tersebut) A5 dan A6.

      kita juga bisa menggunakan cara lain yang lebih elegan, tanpa perlu tambahan kolom baru untuk pengecekan, yaitu dengan menggunakan VBA Excel, jadi kita bisa menambahkan tombol yang bila diklik akan memeriksa nilai dari suatu cell (misal kedatangan) bila kosong maka akan direplace dengan nilai dari cell lain (waktu pulang), demikian pula sebaliknya.

      untuk cara sederhana menggunakan VBA Excel, mungkin nanti akan coba saya tulis kalau sudah agak senggang.. πŸ˜€ atau coba saja googling dengan keyword vba excel.

  6. anang
    January 8, 2016 at 9:16 am

    kalau mau menghitung selisih jam masuk dan jam terlambat bagaimana ya? lalu disandingkan dgn potongan penerimaan. misal, jika terlambat 1-30 menit dipotong 5000, 31-60 menit dipotong 7000, 61-90 menit dipotong 8000 dan >91 menit dipotong 10000
    kalo pakai fungsi IF bagaimana, kalo pakai VLOOKUP bagaimana langkahnya?
    trus kalo pakai vba excel bagaimana scriptnya?
    Terima kasih

    • January 8, 2016 at 1:49 pm

      pak anang, untuk tipe data time di excel sebenarnya bisa langsung dilakukan operasi pengurangan matematis biasa.
      misalnya pada cell A2 terdapat jam kedatangan, maka untuk mencari selisih waktu keterlambatan cukup dengan menguranginya dengan jam kerja contohnya seperti ini untuk mendapatkan selisih keterlambatannya:

      =A2-"7:30"

      tapi formula di atas bisa mengakibatkan error bila jam kedatangan di bawah jam 7:30. maka formulanya bisa dimodifikasi dengan kondisi IF seperti berikut:

      =IF(A2-"7:30">0,A2-"7:30","-")

      nah, untuk mendapatkan jumlah potongan seperti syarat di atas, maka bisa dengan formula berikut

      =IF(A2-"7:30"<=0,0,IF(AND(A2-"7:30">0,A2-"8:00"<=0),"5000","telat banget"))

      formula di atas menyaring yang tidak terlambat untuk potongan 0 dan yang terlambat sampai dengan jam 8:00 (terlambat 30 menit) untuk potongan 5000. lalu bagaimana denga potongan yang lain? formula di atas memang sengaja saya singkat supaya gampang dimengerti, atau sebenernya biar gampang nulisnya.. :p
      tapi karena saya iseng ya saya tulis juga ajalah kondisi IF-nya yang lengkap jadi seperti ini

      =IF(A2-"7:30"<=0,0,IF(AND(A2-"7:30">0,A2-"8:00"<=0),"5000",IF(AND(A2-"8:00">0,A2-"8:30"<=0),"7000",IF(AND(A2-"8:30">0,A2-"9:00"<=0),"8000",IF(A2-"9:00">0,"10000","salah input")))))

      (maap ini jawabannya formula minded) πŸ˜€ untuk yang versi vlookupnya kayaknya menurut saya jadi tidak efisien, karena pengecekannya berdasarkan match atau tidaknya jam kedatangan dengan waktu tertentu. tapi entah kalau ada ide lain dengan vlookup.. πŸ™‚

      untuk yang dengan VBA sebenarnya juga bisa, bahkan bisa lebih fleksibel karena tidak perlu copy paste formulanya ke semua cell yang harus terisi,
      tapi kayaknya nanti saya buat di postingan baru aja deh biar ga tabrak2an sama topik yang diposting di sini.. πŸ™‚

      betewe, terima kasih atas kunjungannya pak anang.. πŸ™‚

  7. anang
    January 18, 2016 at 5:20 pm

    mksih gan atas pencerahannya, maju terus…bravoo

  8. jion arya
    January 30, 2016 at 1:31 pm

    MAS, mau nanya bagaimana membuat tabel absensi sekaligus gaji karyawan di excel dengan kondisi dan ketentuan sebagai berikut

    hari senin – jum’at
    shift 1 jam masuk jam 7:00 sampai jam 15:00
    shift 2 jam masuk jam 15:00 sampai 21:30
    dengan toleransi keterlambatan absen masuk 15 menit

    hari sabtu
    shift 1 masuk jam 7:00 sampai jam 13:00 termasuk lembur wajib 1 jam
    shift 2 masuk jam 13:00 sampai jam 18:00 termasuk lembur wajib 1/2 jam
    dengan toleransi keterlambatan absen masuk 15 menit
    jika karyawan masuk lebih dari 15 menit gaji di potong setiap menitnya sesuai gajinya, (contoh : gaji karyawan =50rb keterlmbatan 20menit, maka gaji karyawan dibagi Jam untuk menghasilkan gaji perjamnya, atau di bagi menit untuk mengetahui gaji karyawan setiap menitnya )
    GAJI POKOK : 50.000 / HARI
    upah lembur karyawan SELAIN HARI MINGGU /jam : 7.000 rb
    UPAH LEMBUR KARYAWAN HARI MINGGU : 10.000 /JAM

    • March 7, 2016 at 11:33 am

      maaf pak jion, sepertinya untuk kondisi yang dimaksud pak jion ini sepertinya akan jadi complicated kalau dibuat dalam bentuk formula biasa. pada dasarnya mungkin bisa, tapi akan lebih panjang (pake banget) formulanya dibandingkan contoh lain di atas. jadi saya sarankan lebih baik menggunakan syntax vba saja agar lebih mudah dikelola

  9. March 7, 2016 at 9:38 am

    Alhamdulillah, Terimakasih ilmunya Mas. bermanfaat sekali. akhirnya bisa juga bikin Absen

  10. titi
    March 15, 2016 at 9:38 am

    mas, pada prinsipnya hampir sama dengan kasus punya mas. cuma ada sedikit perbedaan, yaitu kondisinya jam masuk itu 8.00 maka jam pulang minimal 16.30. namun diperbolehkan jika masuk kurang 30 menit dari yang ditentukan, yaitu 7.30, maka boleh pulang minimal 16.00 (tapi kalopun datang lebih awal, yaitu kurang dari jam 7.30, misal 6.00 maka tetep aja harus balek jam 16.00); kemudian ada kompensasi keterlambatan 30 menit dari jam normal, yaitu 8.30 maka pulangnya minimal adalah jam 17.00. berarti jika orang masuk diatas 8.30 maka dia telat. dan begitu juga pulangnya, pokoknya dia harus ada itu 8jam 30 menit. dengan memperhatikan ketentuan jam normal adalah 8.00, dengan kompensasi 30 menit sebelum dan 30 menit sesudah. makasih mas

  11. Triyadi
    April 14, 2016 at 6:54 pm

    Selamat malam Mas, maaf mau nanya, saya mau mengitung pemakaian lapangan dengan menggunakan rumus exel. sebagai gambaran, tarif sewa lapangan dikelompokkan berdasarkan waktu bermain. saya ada kesulitan untuk membuat kode pengelompokan waktu agar lebih mudah dalam perhitungannya. Misalnya jam 60:00 – 10:00 dengan kode P (pagi), jam 10:00 – 16:00 dengan kode S (siang) dan 16:00 – 22:00 dengan kode M (malam). Bisa mohon bantuannya? Terima kasih

    • May 24, 2016 at 12:56 pm

      pak triyadi, saya kurang paham dengan maksud permasalahannya, kalau cuma memberi kode “p”, “s”, atau “m” kan bisa pake formula “IF” nanti dimasukkan kondisi lebih kecil dari jam tertentu maka isinya “p” dan seterusnya. apa itu yang dimaksud? mungkin bisa diperjelas dengan kolom apa mau diisi apa.. πŸ™‚

  12. yuni
    May 31, 2016 at 11:03 am

    Mas saya mau menghitung keterlambatan karyawan, tpi menggunakan rumus diatas gak bisa 2. minta tlong dibantu ya. data absen nya seperti contih diatas

    • May 31, 2016 at 1:09 pm

      nnnggg… saya agak kurang paham nih.. maksudnya gak bisanya gimana ya? rumus yang dicoba yang mana? mungkin perlu diperiksa juga format isi cell-nya, mungkin emang beda format? πŸ™‚

  13. August 25, 2016 at 5:38 pm

    Mas Saya punya kasus soal waktu juga nih.
    Jam kerja senin-kamis 7:30-16:40 Jumat 7:30-17:10 (durasi jam kerja 9:10). Saya mau menghitung durasi lembur, lalu saya jumlahkan durasi lembur selama 1 bulan. Namun seandainya saya masuk jam 8:30-16:40 hasilnya akan minus (misalnya : -1:00) dan akan mengurangi durasi lembur yang saya jumlahkan selama 1 bulan, padahal itu jumlah jam kerjanya yang minus, bukan jam lemburnya.
    Nah, bagaimana caranya agar apabila hasilnya minus seperti itu, durasi lemburnya tetap 0:00 dan apabila masuknya lewat dari jam7:30, meskipun sudah lewat 16:40/17:10, durasi lembur tetap 0:00.
    Kalau masnya bingung, berikut saya kirimkan file-nya. (Contoh kasu cell F16 & F17)

    https://www.dropbox.com/s/6sntgdc51exwixm/Absen.xls?dl=0

  14. ichat
    September 1, 2016 at 10:28 am

    Mas..saya mau tanya formula lembur. Jadi di kantor saya jam masuk 08.00, jam keluar 17.00. Untuk jam lembur dimulai dari jam 18.00. Maksimal waktu lembur 3 jam perhari, jadi walaupun kita pulang lewat dari jam 21.00 maka akan tetap tertera 3 jam pada kolom Lembur. Itu formulanya seperti apa ya mas? Mohon pencerahannya mas.
    Terima kasih.

    • September 9, 2016 at 4:10 pm

      Mungkin Saya bisa bantu. Apa seperti ini yang diminta…

  15. fatur shakur
    February 19, 2017 at 8:17 pm

    selamat malam mas,
    saya mau tanya apabila dalam satu cell ada dua absensi masuk dan keluar gimana ya cara untuk misah nya.
    saya sudah coba fungsi di atas tapi tidak work
    terimakasih

    • February 20, 2017 at 8:34 am

      maaf pak fatur, sepertinya saya belum paham situasinya, di contoh saya kan ada penanda untuk cell timestamp ini apakah sebagai “check in” atau “check out” mungkin bisa disesuaikan dengan penanda yang ada.
      Saran sementara saya mungkin bisa dibuat fungsi yang secara bertahap mengenali apakah waktu yang tertera di cell tersebut adalah waktu datang atau waktu pulang, caranya bisa mirip seperti ketika kita ingin mengenali apakah ada keterlambatan pada waktu kedatangan.

  16. Cindy
    February 22, 2017 at 3:13 pm

    Selamat sore Bpk, saya sangat berterima kasih atas informasi yang sangat berguna, benar benar sangat berguna soalnya saya juga sedang mengerjakan rekapan absensi TERIMA KASIH

  17. Ahmad Ghazali
    February 26, 2017 at 2:01 pm

    Selamat Siang, mohon bantuannya

    parkir star finish durasi Target
    —————————————————————–
    P 5:00 5:20 0:20 SUKSES
    P 5:00 5:21 0:21 GAGAL
    R 5:00 5:30 0:30 SUKSES
    R 5:00 5:31 0:31 GAGAL

    Mohon dibantu untuk rumus di Kolom Target
    – Jika durasi 21 menit parkir “P” maka kolom di target hasilnya GAGAL
    – Jika durasi 31 menit parkir “R” maka kolom di target hasilnya GAGAL

    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya

    Salam
    Ahmad Ghazali
    ahmadghazali777@gmail.com

  18. Ahmad Ghazali
    February 26, 2017 at 2:05 pm

    Selamat Siang, mohon bantuannya

    parkir star finish durasi Target
    —————————————————————–
    P 5:00 5:20 0:20 SUKSES
    P 5:00 5:21 0:21 GAGAL
    R 5:00 5:30 0:30 SUKSES
    R 5:00 5:31 0:31 GAGAL

    Mohon dibantu untuk rumus di Kolom Target
    – Jika durasi 21 menit parkir β€œP” maka kolom di target hasilnya GAGAL

    – Jika durasi 31 menit parkir β€œR” maka kolom di target hasilnya GAGAL

    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya

    Salam
    Ahmad Ghazali
    ahmadghazali777@gmail.com

    • February 27, 2017 at 8:12 am

      pak ahmad ghazali, berdasarkan keteranga yang ada, dan dengan asumsi parkir di cell “A2”, dan durasi di cell “D2″, mungkin bisa dicoba rumus seperti ini pada cell target:

      =IF(OR((AND(A2=”p”,D2>=TIME(0,21,0))),(AND(A2=”r”,D2>=TIME(0,31,0)))),”sukses”,”gagal”)

  19. gunarso
    October 26, 2017 at 3:04 pm

    bapak mohon bantuannya

    waktu kedatangan
    1. <7.30= tidak terlambat
    2. 7.31 sd 8.00 jika tidak mengganti waktu pulang 16.00 dikenakan telat 1 tapi kalau mengganti waktu pulang sesuai menit toleransi keterlambatan 30 menit tidak telat
    3. 8.01 sd 8.30 telat 2
    4. 8.31 sd 9.00 telat 3
    5. <= 9.01 telat 4

    mohon rumusnya

  20. Qie
    March 18, 2020 at 11:59 am

    Siang,
    Mau tanya. kalo mau menghitung jam kehadiran = dia hadir gimana yah Mas.
    Contoh:
    Jujujuarni
    02-Mar-20
    06:42 ->Scan In
    15:06 -> Scan Out

    Jujujuarni
    03-Mar-20
    06:41 -> Scan in
    15:39 ->Scan Out

    dari kehadiran itu saya mau hitung dia hadir 1 hri kerja.
    rumusnya bagaimana yah?

    saya pakai rumus ini ternyata tidak bisa.

    =COUNT(B3:Q3)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: