Home > Gadget, Hiburan > Memainkan game Playstation di HP android

Memainkan game Playstation di HP android


screenshot_2016-11-28-16-38-31-965_com-epsxe-epsxe

Kamu termasuk generasi yang sempat memainkan konsol game playstation generasi pertama? Kangen sama game-game fenomenal jaman dahulu kala tapi konsolnya sudah rusak atau cd-nya entah di mana? Jangan sedih, kita masih bisa kok memainkan game-game dari playstation ini di HP android. Cukup berbekal aplikasi emulator, file bios, file game, dan gamepad (opsional). Kalaupun tidak punya gamepad-nya kita tetap bisa memainkan gamenya dengan bantuan tombol touchscreen di layar hp/tablet.

Tapi ya namanya game PSX, jangan berharap gafiknya bakal jadi bagus kayak game di PS 3 atau PS4 ya.. 😐 ini Cuma untuk memainkan game PSX dan bernostalgia dengan game jaman dulu. Aside from graphics, game jadul juga ada beberapa yang ga kalah keren alur cerita dan game play-nya dibanding game jaman sekarang.. Dan kadang bikin kangen…. 🙂

Oke, gak perlu banyak basa-basi lagi langsung saja ke daftar file yang perlu didownload dan langkah-langkahnya.

 

File yang dibutuhkan:

  1. Apk emulator playstation epsxe di google play atau di apkhere.
  2. File bios playstation scph1001.bin.
  3. File game (bisa dicari di google, atau di www.emuparadise.com)

 

Langkah-langkah memainkan game menggunakan emulator playstation:

  1. Download dan install apk emulator playstation. Saya menggunakan emulator epsxe.
  2. Download file bios untuk emulator playstation. Saya menggunakan bios untuk region amerika (versi scph1001). Setelah didownload, unzip simpan file ini di mana saja (sebaiknya di memory internal di folder “epsxe/bios” supaya tidak lupa dan dihapus di kemudian hari)
  3. Download game dalam bentuk file cue/bin, iso, atau format lain yang banyak tersedia. Saat mencoba ini saya memanfaatkan file cue/bin yang saya download dari emuparadise.com. Dari situs ini saya mendownload file berformat 7z yang kemudian saya unzip dengan zarchiever di android atau mengunakan 7zip di windows. lalu folder hasil unzip tadi disimpan di memory internal atau di sd card HP. Sekedar saran, karena (terkadang) bersarnya ukuran file games yang ingin dimainkan, dan juga kemungkinan banyaknya games yang ingin disimpan di HP atau tablet, lebih baik disimpan di sd card saja supaya internal storage-nya tidak digusur sama koleksi games yang ingin disimpan.
  4. Pasangkan gamepad/controller dengan hp/tablet melalui bluetooth. Saya menggunakan controller ipega PG-9037. caranya aktifkan bluetooth gamepad (klik home dan x bersamaan), lalu aktifkan bluetooth di hp/tablet, scan, kemudian connect ke gamepad (gamepad saya bernama “PG-9037”). ipega-9037
  5. Buka aplikasi epsxe untuk pertama kali dan pilih “Run Bios”. screenshot_2016-11-28-16-38-20-047_com-epsxe-epsxe Sistem akan men-scan seluruh media penyimpanan yang terpasang (internal dan sd card) untuk mencari file bios, lalu menyimpan lokasinya. Nanti akan muncul layar pembuka seperti yang biasa kita lihat di tampilan awal saat kita menghidupkan playstation dan muncul menu untuk mengakses memory card. screenshot_2016-11-28-16-38-37-312_com-epsxe-epsxeAbaikan saja layar ini. Pada saat kita mengklik sembarang tombol dari gamepad di aplikasi epsxe, maka akan muncul notifikasi untuk memetakan dan menyimpan secara otomatis konfigurasi gamepad sebagai player 1, pilih “yes” saja.
  6. Keluar dari bios tersebut, dengan cara klik tombol back, pilih “Quit”, lalu “Yes, quit game”.screenshot_2016-11-28-16-39-07-363_com-epsxe-epsxe
  7. Jalankan menu “Run Game”. Sistem secara otomatis akan men-scan seluruh media penyimpanan di internal dan sd card. Saat kita mendownload file game baru, dan gamenya tidak langsung muncul di pilihan pada menu ini, maka kita juga bisa klik tombol refresh dan memilih untuk melakukan pencarian file game di media mana. Setelah itu akan muncul daftar game yang siap untuk dimainkan.
  8. Setelah memilih game yang ingin dimainkan, maka game akan dimulai seperti layaknyamemainkan game tersebut di konsol playstation. Kita bisa bermain seperti biasa.screenshot_2016-11-28-16-45-13-010_com-epsxe-epsxe
  9. Khusus bagi yang “tidak punya banyak waktu” dan ingin memanfaatkan fasilitas cheat seperti halnya dulu kita menggunakan gameshark, emulator ini juga juga secara default sudah dilengkapi menu cheat, kita hanya butuh terkoneksi ke internet saat mendownload kode cheat yang dibutuhkan. Caranya dengan klik tombol back, lalu pilih  “Cheat Codes”, lalu pilih “download cheat codes”. screenshot_2016-11-28-16-57-49-971_com-epsxe-epsxe Setelah download cheat selesai, kita boleh memutuskan koneksi internet dan bermain secara offline. Klik lagi tombol back, lalu pilih lagi “Cheat Codes”, selanjutnya kita tinggal memilih kode cheat yang ingin diaktifkan, lalu pilih “apply”, dan lanjutkan bermain dengan curang.. 😀 screenshot_2016-11-28-16-59-56-379_com-epsxe-epsxe
  10. Seperti halnya bermain di konsol, di sini kita juga bisa memanfaatkan fasilitas menyimpan progress game ke memory card, progress game akan tersimpan di folder epsxe. Selain itu ada juga cara lain untuk menyimpan progress game, yaitu dengan cara menyimpan game state. Dengan cara ini kita bisa menyimpan game di mana saja, tidak perlu menunggu kondisi tertentu di dalam game yang dimainkan (misalnya di metal gear mengharuskan kita menghubungi mei ling, atau di resident evil harus menggunakan ink ribbon di type writer). Klik tombol back, lalu pilih “SaveState”, lalu pilih slot untuk save game progress. Slot pertama (slot 0) juga akan dimanfaatkan sistem untuk menyimpan game state secara otomatis, jadi hati2 kalau menyimpan state game di slot 0, karena bisa saja nanti malah ter-overwrite pada saat game over 😀 😀 😀 screenshot_2016-11-28-18-25-45-912_com-epsxe-epsxe
  11. Untuk membuka state yang pernah disimpan, kita tinggal klik tombol back, lalu pilih “LoadState”, dan pilih state yang ingin di-load.
  12. Untuk keluar dari permainan, klik tombol back, lalu pilih “Quit Game”, pilih “Quit”, lalu “Yes, quit game”. Pilih lagi “Quit” dari aplikasi epsxe untuk menutup emulator.

 

Sejauh ini, saat memainkan game menggunakan emulator epsxe ini bisa dibilang cukup lancar, audio dan video tidak ada masalah walaupun hanya menggunakan HP dengan hardware seadanya 😀 saya menggunakan xiaomi redmi 1s, quad-core 1.6GHz, 1GB RAM, dan 8GB internal memory yang udah hampir penuh 😦 untuk memainkan game metal gear, dan resident evil (director’s cut dan RE2).

Categories: Gadget, Hiburan Tags: , , ,
  1. December 24, 2017 at 8:21 pm

    No matter if some one searches for his necessary thing, so he/she wishes to be available that in detail, thus that thing is maintained over here.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: