Home > Gadget > Flashing ROM MIUI GLOBAL ORI dari versi yang abal-abal bawaan distributor

Flashing ROM MIUI GLOBAL ORI dari versi yang abal-abal bawaan distributor


miui fastboot

Kalo kita nonton infotainment dari tipi-tipi yang gak dicolokin belakangan ini, ternyata banyak diberitakan bahwa ada modus penjualan hp merek xiaomay yang sudah dimodifikasi ROM MIUI originalnya menjadi ROM abal-abal. motif dibalik peristiwa ini belum diketahui dan pelaku masih diusut oleh satuan RT setempat. Oke cukup.

berdasarkan artikel terkait penjualan perangkat baru hp xiaomi, review di penjualan onlinenya, dan komentar-komentar di akun resminya di sosmed, dari situ terlihat bahwa xiaomi kadang mengeluarkan hp dengan hanya menyediakan ROM asli cina pada awalnya. Walaupun mungkin selang gak seberapa lama kemudian (kadang lama banget), mereka merilis versi global yang bisa dipakai khalayak yang lebih luas. Hal ini membuat banyak orang-orang berlomba-lomba memodifikasi ROM tersebut supaya lebih bisa digunakan oleh orang-orang lain yang gak ngerti bahasa aslinya. Tapi gak Cuma sampe di situ, modifikasi ini merambah ke lahan aplikasi default, iklan-iklan yang berseliweran, dan entah apa lagi yang ada di dalemnya. Walaupun sekilas terlihat sama aja, tapi kalo diperhatikan dengan lebih teliti, ada beberapa hal yang bagi beberapa orang bisa berpotensi mengusik kehidupan sehari-hari dan mengganggu kemaslahatan masyarakat di seluruh dunia… ya, bagi orang lebay begitu…

Kemaren unboxing redmi 4 prime dari salah satu lapak online. Dan ternyata dapet yang ROM yang bukan original, melainkan ROM yang udah dimodifikasi oleh distributor.. gak asli, gak stabil, gak perawan, gak suka.. 😦

Emang apa bedanya sih?

Sebenernya secara pemakaian sehari2 mungkin kita gak bakal ngerasain perbedaan yang drastis banget. Yah palingan kita akan menyadari bahwa ada 3 atau 4 (atau banyak) aplikasi yang bawaan dari pertama beli, tapi gak bisa diunistall walaupun gak pernah dipake juga (orang-orang biasanya nyebut ini bloatware). Aplikasi bandel ini bisa aja aktif di balik layar dan sedikit demi sedikit menggerus baterai dan paket data kita. 😦 lebih jauh lagi, biasanya dengan ROM abal-abal ini, membuat kita jadi gak bisa menggunakan fitur OTA update untuk memperbarui versi ROM secara otomatis.

Gimana caranya tau bahwa ROM yang terinstall di HP xiaomay kita ini ROM original atau yg abal2?

Ga susah kok, ya tinggal tanya sama yang jual 😮 sebenernya kita tinggal buka aja app “updater” dari hp (biasanya ada di folder “tools”) trus liat nomor versi MIUI yang terinstall. Biasanya nomor ini hanya terdiri dari 4 digit kode yang dipisahkan tanda titik (misalnya 8.1.2.0) kalau ROM hasil modifan biasanya digitnya bertambah jadi 5 digit (misalnya 8.5.0.0.0).

Gimana caranya supaya terhindar dari hal beginian?

Ya jangan beli dari seller yang ngejual barang dengan ROM abal-abal… halah gak ngasi solusi.. Maksudnya sebelum beli tanya dulu bener-bener sama yang jual, ROMnya ORI gak (gak Cuma barangnya ya, ROM-nya juga, biasanya seller suka ngeles dengan jawaban “barangnya ori kok”). sempetin juga baca review-review dari yang udah beli di sana, ada yg nyebutin soal ROM abal-abal gak.

Trus kalo udah terlanjur gimana?

Ada beberapa alternatif penanggulangan musibah semacam ini, misalnya:

  • hpnya diikhlasin aja kasi ke saya, kan trus nanti bisa beli lagi yang baru.
  • atau gapapa juga sih kalo mau diterusin pake ROM abal-abal kalo emang gak terlalu peduli sama keberadaan bloatware dan update MIUI.
  • atau ganti sendiri ROMnya ke versi ORI.

Untuk alternatif pertama dan kedua…… ya sudahlah ya, jangan ngelantur..

Sebenernya ada beberapa cara untuk menyingkirkan ROM abal-abal ini dan menggantinya dengan yang ORI (orang-orang bilangnya nge-flash ROMnya) yaitu dengan cara menggunakan system update, recovery update, ataupun dengan fastboot update. Cara paling gampang yaitu dengan menggunakan system update. Jadi saya mengulas cara ini aja ya biar ga ribet..

Perlu diketahui, nge-flash ROM ini mengakibatkan data dan aplikasi yang ada di hp akan kehapus semua, jadi kalo kita udah terlanjur ngapa-ngapain dulu sebelum menyadari keanehan ROM ini dan gak mau baper kehilangan nomor kontak, log telepon, SMS, dan aplikasi lainnya, sebaiknya lakukan backup dulu. Cara backup gak dibahas di sini ya, males nulisnya…. 😀 😀

Cara flasing ROM MIUI GLOBAL ORI:

  1. Pertama kita siapin dulu file ROM ORInya, bisa didownload di http://en.miui.com/download.html, cari aja berdasarkan perangkat yang mau dieksekusi. Jangan lupa pilih jenis ROM sesuai kebutuhan (global atau china), tinggal klik “download full ROM” deh.
  2. File hasil donlotan ini dipindahin ke hp di folder “downloaded_rom” biar gampang diinget, gak pake folder apa2 lagi di atasnya.
  3. Jalanin app “updater” dari hp (biasanya di folder “tools”)
  4. Tap tanda titik tiga di sebelah kanan atas trus pilih “choose update package”.
  5. Pilih file ROM yang tadi didonlot, untuk kasus saya filenya ada di “/downloaded_rom/miui_HM4ProGlobal_V8.1.2.0.MBEMIDI_a8edfe4ee7_6.0.zip” trus klik “OK”.
  6. Tinggal tunggu aja sampa semua prosesnya beres, biasanya bisa sampe 5 menit lebih, jadi sabar aja nunggunya sambil nonton naruto, eh iya udah tamat yak. 😦


Udah gitu aja.

Untuk kasus yang kebanyakan beredar seputar penjualan HP xiaomay di sini, biasanya udah bisa diatasi dengan cara ini aja. Gak perlu sampe pake recovery mode atau fastboot segala. Tapi seandainya memang gak bisa, ya dicoba aja 2 cara lain tadi itu.

Perhatian!! flashing ROM berkemungkinan mengakibatkan perangkat jadi ngeblank, ngebrick, bootloop. minta tolonglah kepada pihak yang berwajib, misalnya temen, pacar, suami, tetangga, pak RT atau siapapun yang ngerti hal beginian. Resiko tanggung sendiri 😀

Udah gitu aja.

Beneran udah gitu aja.

Categories: Gadget Tags: , ,
  1. September 6, 2017 at 10:20 am

    May I just say what a relief to uncover someone who really knows what
    they are talking about on the web. You definitely
    realize how to bring a problem to light and make it important.
    More and more people need to read this and understand this side of your story.
    I can’t believe you aren’t more popular since you definitely possess the gift.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: